Spread the love

Loading

Klikbangsa.com (Jakarta) – Sejumlah kegiatan pekerjaan pemasangan u-ditch di Kota Administrasi Jakarta Utara Tahun Anggaran 2023, “tidak sesuai dengan aturan maupun gambar perencanaan dan tidak dicantumkannya umur konstruksi yang telah dipihak ketigakan.

Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Utara, sepertinya mengejar kuantitas dan bukan kualitas.Dengan pekerjaan pemasangan u-ditch asal jadi.

Dikwatirkan umur pekerjaan u-ditch diperkirakan hanya seumur jagung.

Padahal, cara pemasangan u-ditch yang kurang tepat dapat berpotensi terhadap penyumbatan saluran air, dimana sering ditemukan posisi kemiringan pemasangan u-ditch dari hulu ke hilir yang tidak tepat, cenderung naik turun.

Diketahui, u-ditch dirancang untuk mengumpulkan dan mengalirkan air hujan yang jatuh disekitar area terbuka.Dengan adanya saluran tersebut, air dapat dialirkan dengan baik dan mengurangi kemungkinan terjadinya genangan air.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Harian LSM-Antara, Anton angkat bicara terkait kegiatan pemasangan u-ditch di Suku Dinas SDA Kota Administrasi Jakarta Utara, menurutnya asal jadi dan tidak mengacu pada bill of quantity (B&Q), spesifikasi kontrak,” tandasnya.

“Bahkan dirinya juga heran, sepertinya Suku Dinas Sumber Daya Air kota administrasi Jakarta Utara terindikasi persekong-kolan dan terkesan ada pembiaran pekerjaan pemasangan u-ditch. Lantas buat apa ditanda tangani pakta integritas ,namun pelaksanaannya tidak sesuai dengan yang diharapkan ?” tukas Anton.

Tidak hanya itu, dengan ditemukannya sejumlah kegiatan pemasangan u-ditch di Jakarta utara, “tidak menggunakan lantai kerja”, hal tersebut membuktikan sudah ada niat dan merencanakan untuk melakukan “kejahatan,” demi keuntungan pribadi.

Hanya saja, saat disampaikannya surat konfirmasi ke Suku Dinas Sumber Daya Air, Kota Administrasi Jakarta Utara, dirinya mempertanyakan tanda terima surat tidak menggunakan stempel ,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Anton, “kami juga baru kemarin bersurat ke Dirkrimsus Polda Metro Jaya dan bahkan ke kantor Kejaksaan Tinggi DKI, tanda terima surat menggunakan stempel,” lanjutnya.

Salah seorang penerima surat mengatakan, “kami tidak pernah menerima, tanda terima surat menggunakan stempel,” ujar salah seorang staf penerima surat dan tidak menyebut namanya.

Anton mengatakan dalam waktu dekat ini, akan menindak lanjutinya ke Inspektorat Provinsi DKI Jakarta dan bahkan ke Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) perwakilan DKI Jakarta,” imbuhnya.

“Apakah benar kegiatan pekerjaan u-ditch di Kota Administrasi Jakarta Utara tidak menggunakan Lantai kerja ?”

Karena setiap kegiatan pekerjaan u-ditch, kami tidak pernah menemukan penggunaan lantai kerja,” sambung Anton kepada sejumlah awak media. Kamis.( 23/12/2023).
1. Untuk Kegiatan Pemasangan u-ditch di Jalan Hidup Baru Rt 010/Rw 002 Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan Jakarta Utara.

Sebelumnya, sudah berulang kali dipublikasikan terkait kegiatan pembangunan Saluran Precast Jalan Pademangan, Tahun Anggaran 2023. Nomor kontrak : 9940/PN.01.02. Tanggal dimulai 05 Oktober 2023 dan selesai 03 Desember 2023, waktu pelaksanaan 60 hari kalender. Nilai kontrak Rp.1.600.425.400,00 selaku pelaksana kegiatan PT.Ningrat Muda Wicaksono. Konsultan pengawas PT.Marga Bhuana Jaya.

Termasuk dengan meninggalnya salah seorang pekerja inisial K (31), di Jalan Hidup Baru Rt 010/Rw 002 Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan Jakarta Utara.Diduga diakibatkan kena sengat listrik pada saat melakukan penggalian saluran.

Sangat disayangkan, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Utara, Adrian M Maulana selalu tidak berhasil ditemui.

Bahkan Direktur PT. PT.Ningrat Muda Wicaksono belum terkonfirmasi.

Ironisnya lagi, untuk kegiatan pemasangan u-ditch di Rt 008/ Rw 004 Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Kota Administrasi Jakarta Utara, juga tidak ditemukan papan nama proyek.

Diketahui, untuk kegiatan di kedua lokasi, juga tidak dilakukan penggunaan lantai kerja dan terkesan asal jadi .Antara Lain :
1. Jalan Hidup Baru Rt 010/Rw 002 Pademangan Barat, Kecamatan Pademangan Jakarta Utara dan
2. di Rt 008/ Rw 004 Kelurahan Tugu Utara, kecamatan Koja, Kota Administrasi Jakarta Utara.

Merujuk pada persyaratan pada proses lelang pengadaan pemerintah di e-katalog untuk penggunaan lantai kerja dan termasuk pelaksanaan pekerjaan saluran U-Dicth. Antara lain:
Melakukan penggalian tanah, urug kembali tanah ex, galian dan pemadatan, sertu urugan tanah sisa galian.

Pekerjaan pasir urug darat t= 10 cm dan lantai kerja menggunakan adukan semen K-125 dengan t= 5 cm dan sesudah kering baru dilakukan pemasangan u-ditch.

Pantauan dilapangan, yang terjadi justru saluran masih tergenang air, dan saat itu juga dilakukan pemasangan u-ditch.

Dengan kondisi tersebut, apakah bisa dijamin kualitas dan mutu pekerjaan tersebut ?

Selain itu, dengan cara pemasangan saluran u-ditch yang kurang tepat dapat berpotensi terhadap penyumbatan pada saluran, dimana sering ditemukan posisi kemiringan pemasangan u-ditch dari hulu ke hilir yang tidak tepat dan cenderung naik turun.

Pada saat pemasangan u-ditch, konsultan pengawasan tidak ditemukan dilapangan, timbul pertanyaan, sejauh mana tupoksi konsultan pengawasan dilapangan padahal anggaran konsultan pengawasan cukup fantastis.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi, Adrian M Maulana selaku Kuasa Pengguna Anggaran maupun selaku Pejabat Pembuat komitmen dan juga penanda tanganan pakta integritsa dan kontrak tidak berhasil dihubungi dan bahkan diruangannya juga tidak berhasil ditemukan.

Hal yang sama juga dengan pelaksana kegiatan PT.Ningrat Muda Wicaksono maupun Konsultan pengawas PT.Marga Bhuana Jaya terkait kegiatan pekerjaan pembangunan saluran precast.Antara Lain:
1. Jalan Pademangan 1 dan di Jalan Hidup Baru Raya Rw 02, Jalan Pademangan I Raya Rw 03 dan Rw 04 Kelurahan Pademangan ,Kecamatan Pademangan, kota Administrasi Jakarta Utara dan

2. di Rt 008/ Rw 004 Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Kota Administrasi Jakarta Utara, juga belum terkonfirmasi.

Saat dikonfirmasi dengan plt.Irbanko Kota Administrasi Jakarta Utara terkaiat pemasangan u-ditch di Pademangan termasuk dengan adanya salah seorang pekerja meninggal dunia. Plt. Irbanko Jakarta Utara, hanya menjawab terimakasih, lewat Aplikasi WhatsApp miliknya. Selasa. (21/12/2023).

(Parulian dan TIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *