Selasa, 25 Maret 2014 - 15:37:25 WIB
Pantai Glagah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pariwisata - Dibaca: 404 kali

KlikBangsa.com

Laguna yang cukup panjang nan menawan menjadi salah satu keunggulan pantai yang terletak di muara Sungai Serang, Kecamatan Temon, Kulon Progo ini. Lokasinya sekitar 40 kilometer ke arah barat dari Yogyakarta atau dua kilometer dari jalan utama lintas selatan.
 
Pasca dibuatnya tanggul atau dikenal dengan nama "sea wall", pengunjung yang sudah berkunjung ke laguna dapat berjalan ke arah selatan hingga mencapai bibir laut. Namun, Anda harus berhati-hati karena ombak yang cukup besar sewaktu-waktu dapat menghantam tanggul dan air akan terbang kemana-mana.

Bagi pengunjung yang rela berbasah-basahan, tentunya ini akan menjadi sebuah sensasi yang menakjubkan. Anda bisa juga menikmati keindahan laut dari jarak dekat untuk membuat adrenalin terpacu. Jangan lupa selalu mematuhi peraturan yang ada. Tim Search And Rescue sewaktu-waktu dapat memperingatkan Anda karena pantai selatan cukup berbahaya.

Glagah Indah memang memiliki pesona yang berbeda. Waktu paling pas untuk berlibur di tempat ini ialah saat akhir pekan. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan Pantai Glagah. Suasananya  terasa sangat berbeda ketika hari biasa. Jangan lewatkan menikmati buah-buahan seperti melon dan semangka yang menjadi primadona petani setempat.

Selamat berlibur dan menikmati keindahan Pantai Glagah.

Selain pemandangan pantai yang indah, Pantai Glagah juga memiliki beragam fasilitas wisata pantai. Salah satu adalah area motor cross yang terletak persis di pinggir pantai dengan luas yang cukup besar, memberi kepuasan bagi anda penggemar olahraga ini. Sementara itu, jalan beraspal yang menghubungkan pantai Glagah dengan pantai-pantai lain bisa dimanfaatkan sebagai arena olah raga sepeda pantai.

Anda bahkan bisa menikmati fasilitas agrowisata pantai dengan mengunjungi perkebunan Kusumo Wanadri. Di sana, anda bisa mengamati proses budidaya beragam tanaman obat mujarab, seperti buah naga dan bunga roselle. Selain itu, anda juga bisa menyewa gethek, kano dan bebek dayung yang bisa digunakan untuk tur menyusuri laguna atau sekedar menyeberang lewat jembatan kayu menuju lokasi gundukan pasir di tepi pantai.

Lelah berkeliling, anda bisa beristirahat di gubug lesehan dalam kawasan areal perkebunan Kusumo Wanadri. Sejumlah menu makanan dan minuman eksotik pantas untuk dicoba. Anda bisa mencicipi jus buah naga yang menyegarkan dan dikenal mampu menyembuhkan beragam penyakit, atau memesan es sirup bunga roselle yang mampu melepas dahaga sekaligus menetralisir beragam jenis racun dalam tubuh.

Untuk menikmati keseluruhan keindahan pemandangan pantai Glagah, anda bisa melaju melintasi dua alternatif jalan. Pertama, berjalan ke selatan melewati jalan Bantul dan berbelok ke kanan menuju jalur Bantul - Purworejo setelah sampai di Palbapang. Kedua, berjalan ke barat melewati lintasan jalan Yogyakarta - Wates - Purworejo dan berbelok ke kiri setelah menjumpai plang menuju Pantai Glagah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk lebih mudah mengaksesnya.

Perjalanan ke pantai ini tak sesulit perjalanan menuju pantai di wilayah Gunung Kidul. Jalan-jalan yang dilalui cenderung datar dan tak banyak tanjakan sehingga anda bisa menempuhnya sambil bersantai. Lintasan menuju kota Purworejo itu juga menghubungkan Pantai Glagah dengan pantai-pantai lain di Kabupaten Kulon Progo. Jadi, sekali mengayuh dayung, dua tiga pulau terlampaui, anda bisa mengunjungi pantai

 

 sumber : Pariwisata.jogjakota.go.id





Berita Terkait
  • Tari Saman yang Mendunia