Selasa, 25 Maret 2014 - 23:26:02 WIB
Cara Inggris Konfirmasi MH370 Jatuh
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Internasional - Dibaca: 407 kali

KLikBangsa.com LONDON - Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan, pihaknya mendapatkan bantuan dari satelit ketika mengumumkan pesawat Malaysia Airlines jatuh di selatan Samudera Hindia. Menurutnya, data satelit itu diolah dengan cara tak lazim.

Data satelit Inmarsat dioleh oleh ilmuan dari perusahaan Inggris tersebut guna mencari keberadaan pesawat MH370. Mereka juga dibantu ahli dari Lembaga Penyelidik Kecelakaan Inggris (AAIB) dan ahli dari industri penerbangan Eropa turut terlibat dalam analisis ini.

Dalam konferensi pers hari ini, Selasa 25 Maret 2014, pejabat sementara Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein menjelaskan secara detail bagaimana pesawat akhirnya dinyatakan jatuh di selatan Samudera Hindia.

Menurut Hishammuddin, pesawat putus komunikasi dari pengawas lalu lintas bandara pada pukul 12.11 malam Sabtu 8 Maret 2014. Setelah itu, pesawat dinyatakan hilang pada pukul 1.15 pagi dan menyiratkan bahwa sistemnya mengalami kerusakan atau dinonaktifkan secara disengaja dalam waktu bersamaan.

"Ada bukti yang mengarah pada komunikasi terakhir antara pesawat dengan pihak pengawas lalu lintas pada pukul 00.19. Saat itu transmisi diketahui tidak dapat dimengeri dan masih diselidiki," ujar Hishammuddin, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (25/3/2014).

"Analisis seperti ini belum pernah dilakukan dalam penyelidikan semacam ini. Situasi masih terus berkembang dan begitu kami mendapatkan informasi akan segera dipublikasika," lanjut Hishammuddin.

Hishammuddin mengkonfirmasi bahwa proses pencarian di wilayah koridor utara sudah dihentikan. Saat ini fokus pencarian dilakukan di wilayah koridor selatan. (faj)





Berita Terkait
  • MH370 jatuh tanpa bukti
  • Universitas Muhammadiyah Bentuk MTCC
  • foto Ical-Marcella akan menurunkan elektabilitas
  • Indonesia Butuh Capres Tegas
  • Tiga Skenario Politik pada Pilpres 2014