Spread the love

Loading

Klikbangsa.com (Jakarta) – Terkait pekerjaan pemasangan u-dicth dan trotoar di Kelurahan Papanggo, JIS (Jakarta International Stadium), Jalan Sunter Permai, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara Tahun Anggaran 2023, patut dipertanyakan.

Sejumlah masyarakat mempertanyakan kinerja kontraktor saat melakukan pekerjaan pemasangan u-ditch. Dugaan telah terjadi penyimpangan dan pengurangan volume, hingga berpontensi terjadi kerugian Negara.

Pasalnya, kegiatan yang dianggarkan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, tampak dilapangan tidak ditemukan Papan Nama Proyek/Nilai kontrak, hal tersebut membuktikan adanya indikasi maupun dugaan persekong-kolan jahat,” ujar Herman (53) mengaku warga Papanggo.

Pertanyaan kita sangat sederhana kog, alasan apa pihak kontraktor tidak membuat papan nama proyek termasuk nilai kontrak kegiatan dilapangan. Untuk papan proyek aja sudah tidak terbuka, bagaimana dengan item pekerjaan yang lainnya,” pungkas Herman.

Tidak hanya itu, untuk semua kegiatan pekerjaan pemasangan u-ditch disepanjang di Jalan Sunter Permai Raya Papanggo JIS (Jakarta International Stadium), “tidak menggunakan lantai kerja,” ucap Herman. kamis, (15/6/2023).dokumen photo/video terlampir.

Hal tersebut patut dipertanyakan. Lantas kemanakah konsultan pengawasnya dan bagaimana dengan tupoksi pengawasan intern Dinas Bina Marga berada saat kegiatan berlangsung ?

Dengan adanya temuan pada saat kegiatan, tidak menggunakan lantai kerja hal tersebut tidak sesuai dengan bill of quantity, gambar perencanaan maupun pakta integritas yang ditandatangani kedua belah pihak antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksanaan (pihak ketiga), pada hal tanda tangan lengkap dengan materai Rp 10.000.

Berdasarkan temuan tersebut, Redaksi Klikbangsa.com, telah menyurati Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta dan yang paling bertanggung jawab sesuai dengan pakta integritas yang ditandatangani Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) maupun Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dengan Direktur Pelaksana (pihak kontraktor).

Nomor surat. 0-232/Redaksi Klikbangsa.com/XI/2023. Disinyalir pemasangan U-Ditch di Jalan Sunter Permai Raya Papanggo JIS (Jakarta International Stadium), Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. “Berpotensi terjadi kerugian Negara hingga kualitas dan mutu pekerjaan dipertanyakan. Senin.(20/11/2023).

Setelah beberapa hari kemudian, salah seorang mengaku humas, Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta. Menghubungi kantor Redaksi Klikbangsa.com, lewat Aplikasi WhastApp miliknya, memperkenalkan diri dan memberitahukan, telah menerima dua (2) surat, dari Redaksi Klikbangsa.com, ” ujar Eko.

“Ini kan ada dua (2) surat ya, kalau terkait kelengkapan jalan dan kegiatan pemasangan u-ditch dan trotoar. Bisa ngga kita dengan kekeluargaan ?” pinta Eko.lewat Aplikasi WhatsApp miliknya.

Dijawab : maksudnya, kekeluargaan yang seperti apa ?” jelas Redaksi Klikbangsa.com.

Jawaban Eko : “baik lah, ngga usah melebar ya, atensi ibu gimana ?. Kekeluargaan kan bisa berupa operasional, istilahnya danalah bu. Iya semua juga sama bahkan rekan-rekan LSM dan media sama.Bukan hanya dari media Klikbangsa.com saja, ya sewajarnya aja. Kira-kira satu bidang iya ibu, terkait kegiatan pemasangan u-ditch dan trotoar ?” tukas Eko.

Lebih lanjut kata Eko, “Kalau surat yang satu lagi yakni terkait Pembangunan/ Peningkatan Kualitas Pencahayaan Kota Penunjang SJUT Jakarta Timur zona 2, maupun Jakarta Utara zona 5, zona 3 dan yang di JIS Papanggo dan sekitarnya, belum manggil saya,” ucap Eko.

“Ibu ngajuin berapa saya ngga tau ibu kalau nominalnya, iya kan biasanya dari ibu dulu. Entar sekiranya kita keberatan ya nego aja sih ibu, ambil jalan tengah yang terbaik teman -teman LSM atau media yang lainnya juga sama bu,” sambungnya.

“Nanti saya koordinasi sama ibu terkait u-ditch dan trotoar untuk surat yang satu. Terserah ibu atau mau balas surat saja. Nanti dibalas surat dikirim ke alamat kantor ,ya kan ibu bersurat ya dibalas surat ibu,”papar Eko. Kamis.( 23/11/2023). Tepat pukul 12.20 Wib.

Namun sangat disayangkan, Plt Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta dan juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)/KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) diduga pinjam tangan lewat salah seorang yang mengaku humas.

Hingga berita ini diturunkan Plt Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta belum berhasil dikonfirmasi terkait du pemasangan u-dicth dan trotoar di Kelurahan Papanggo, JIS (Jakarta International Stadium), Jalan Sunter Permai, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara Tahun Anggaran 2023, sarat dengan penyimpangan hingga berpotensi terjadi kerugian Negara.

Namun sangat disayangkan, Pelaksana Kegiatan saat dikonfirmasi lewat no aplikasi WhatsApp miliknya tidak mengindahkannya dan memilih bungkam.

(Red/Parulian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *